Kelas Jurnalistik yang Memantik di Ditjen Binapenta, Kemnaker




Writing Coach Abdul Kholis, saat menjelaskan materi Kelas Jurnalistik.
 
Ada yang beda suasana di ruang rapat lantai empat, Direktorat Binapenta dan PKK, Kementerian Ketenagakerjaan (Kemnaker) RI pada 29 Maret lalu. Meski kursi tak terisi penuh, namun suasana di ruang rapat itu cukup ramai. Sesekali terdengar tepuk tangan dan gelak tawa. 

Rupanya di ruang yang mampu menampung 20 orang lebih itu sedang diadakan Kelas Jurnalistik. Pegawai Binapenta belajar jurnalistik? Tidak salah, kegiatan ini bahkan sudah direncanakan jauh sebelumnya. Tampak seluruh peserta Kelas Jurnalistik ini mengikuti dengan semangat.

Pelatihan yang berlangsung lima kali pertemuan setiap minggunya dipandu langsung oleh writing coach Abdul Kholis dari Griya Menulis. Kegiatan Kelas Jurnalistik ini diadakan setiap hari Rabu pukul 16.00 – 19.00.

Ada tiga goals yang ingin dicapai dalam Kelas Jurnalistik ini, diantaranya:  peserta memahami dasar-dasar jurnalistik, peserta memiliki kemampuan dasar menulis berita dengan baik, serta peserta mampu menulis berita untuk dimuat di majalah internal Binapenta dan PKK.

Peserta Kelas Jurnalistik mendengarkan briefing dari pimpinan.
Ada lima materi yang dipelajari peserta dalam Kelas Jurnalistik ini. Pertama, pengenalan dasar-dasar jurnalistik dan manajemen redaksi. Kedua, teknik reportase dan wawancara narasumber berita. Ketiga, teknik menulis berita. Keempat, teknik mengedit berita. Dan kelima, praktik menulis berita.

Selain lima materi tersebut, peserta Kelas Jurnalistik juga diajarkan “Teknik Menulis Artikel Dalam Tempo 30 Menit”. Hanya dalam waktu 30 menit seluruh peserta sudah bisa menghasilkan satu artikel hasil tulisan sendiri. 

Teknik ini sungguh simpel. Peserta hanya diberikan delapan pertanyaan. Setiap pertanyaan dijawab secara bebas sesuai dengan pemikiran atau pendapat peserta. Dari jawaban tersebut, kemudian dirangkai menjadi satu tulisan. Hasilnya, hanya dalam 30 menit seluruh peserta berhasil menulis artikel dengan teknik yang mudah.

Teknik menulis ini merupakan hasil kreasi dari Griya Menulis. Belum pernah dipraktikan di lembaga pelatihan lainnya. Dengan teknik simpel ini, siapapun peserta pelatihanya akan dengan mudah belajar menulis.


Kegiatan Kelas Jurnalistik ini memantik seluruh peserta untuk lebih giat berlatih menulis. Tak hanya menulis berita, namun juga karya-karya tulisan kreatif lainnya, seperti artikel, laporan kerja, maupun menulis surat dinas. Di akhir kegiatan, peserta Kelas Jurnalistik dilibatkan untuk mengisi konten Majalah Pentazone, terbitan Ditjen Binapenta. (aks)
Previous
Next Post »

Cari Blog Ini

Diberdayakan oleh Blogger.

About

KOMPETISI CERDAS UNTUK MENYELAMATKAN ENERGI DUNIA

Persoalan minyak bumi saat ini sudah menjadi problema umat manusia seluruh dunia. Makin menipisnya cadangan sumber energi yang bera...